Selasa, 13 Agustus 2019

VIDEO Kabar Mina Hari Ini Banjir Dipastikan Bohong atau Hoaks, Kondisi J...


Beredar kabar viral di tanah air melalui pesan dan video bahwa saat ini kondisi di Mina tempat jemaah haji Mabit sedang banjir. Kabar tersebut dipastikan bohong.

Pantauan langsung dari lapangan cuaca di Mekkah dan Mina, Selasa (13/2019) sejak pagi hingga sore ini cerah dan tak seperti yang dijelaskan lewat teks atau video yang beredar luas di media-media sosial tanah air.

Memang kemarin sempat terjadi hujan dan ada genangan air di Mina tetapi air tersebut sudah surut genangan hanya terjadi selama kurang lebih satu jam. Setelahnya kondisi di Mina kembali normal jemaah haji hingga malam hari lancar melakulan lempar jumrah.

“Banjir itu terjadi kemarin? Itu hanya terjadi kemarin sore dan Iusa sudah selesai. Hari ini dari pagi sampai sore udara cerah dan cenderung kembali normal dan cuaca cukup panas,” kata Kadaker Mekkah, Subhan Cholid.

Dampak dari beredarnya berita tersebut banyak keluarga jemaah haji yang khawatir menanyakan kondisi keluarga mereka yang sedang berada di Mina. Subhan Cholid memastikan kondisi jemaah haji Indonesia baik.

“Alhamdulillah jamaah baik-baik saja. Bahkan hari ini jemaah yang melakukan nafar awal sudah tiba di hotel dan menikmati perjalanan hajinya. Sebagian jamaah menyelesaikn nafar tsani di Mina,” kata Subhan.

“Yang ingin nafar tsani tetap di mina. Nanti jumrah ula wusto aqabah. Keluarga di tanah air tenang. Tidak terjadi apa-apa. Jamaah menjalankan ibadah haji dengan baik. Layanan akomodasi, konsumsi, transportasi berjalan sesuai rencana,” ujar Subhan.

Untuk itu Subhan meminta kepada semua keluarga jemaah haji yang ada di tanah air tenang dan tidak termakan dengan isu-isu tak bertanggung jawab yang bisa meresahkan.


“Adapun kemudian kita menerima berbagai gambar atau video kondisi Mina, itu sesungguhnya hanyalah genangan air saja. Karena petugas kita sudah langsung melakukan antisipasi dengan sigap berada di tenda jamaah. Koordinas dengan pengurus maktab. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Subhan.(*)

Petunjuk Syariat dalam Menerima dan Menyebar (Share) Berita

“Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al-Hujuraat [49]: 6)


0 komentar:

Posting Komentar