Rabu, 24 Juli 2019

Ruang Muadzin Masjidil Haram pada saat Shalat Berjamaah


Pernahkah Anda menyaksikan ruang adzan di Masjidil Haram Mekkah..?
Masjidil Haram di Makkah sebagai pusat peribadatan umat Islam, memang memiliki daya tarik tersendiri untuk ditelusuri dan diteliti pernak-perniknya. Salah satu tempat yang mungkin membuat cukup banyak orang penasaran adalah tempat para muadzin melantunkan adzan penanda masuknya shalat lima waktu yang mengalun indah dan merasuk kedalam jiwa. Tempat muadzin ini juga biasa disebut mukabbariyah.

Posisi tempat ini berada dilantai 2 disebelah timur Ka’bah, dari tempat ini muadzin dapat melihat langsung kepelataran thawaf dan ka’bah, sehingga dia dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk melantunkan iqamah, ketika imam sudah bersiap berada diposisinya.


Namun seiring dengan ada rehab dan perluasan masjidil haram, posisi mukabbariyah ini dipindahkan menempati ruang disebelah utara Ka’bah, dengan tata ruang yang lebih luas dari mukabariyah yang sebelumnya. Walaupun tampaknya mukabbariyah ini belum jadi sepenuhnya, tapi sudah ada beberapa foto yang beredar diinternet  tentang penampakan tempat ini.

0 komentar:

Posting Komentar