Minggu, 21 Juli 2019

Perjalanan dari Madinah ke Mekah dengan bus


Perjalanan dari Madinah ke Makkah

Para jamaah haji Indonesia yang berangkat dari Madinah Senin (22/7) pagi sampai di Makkah diperkirakan sekitar pukul 16.00. Perjalanan jamaah haji dari Madinah ke Makkah cukup lama.  Belum lagi sebelum sampai di Makkah mereka  harus mampir dulu miqat di Masjid Bier Ali.

Untuk itu para jamaah haji selama dalam perjalanan harus mempersiapkan kondisi tubuhnya supaya tetap sehat, untuk itu selama dalam perjalanan para jamaah haji harus mengonsumsi air minimal satu liter atau tiga botol kecil yang isinya  330 mililiter per botol.

Biasanya jamaah haji Indonesia itu takut minum banyak karena mereka khawatir akan sering buang air kecil. Padahal sebetulnya buang air kecil di perjalanan tidak masalah karena di bus ada toolet. Justru kalau mereka kurang minum, bisa mengakibatkan dehidarasi.  Tidak baik bagi jamaah haji.

Selanjutnya bagi jamaah haji yang sudah memiliki penyakit sejak dari Indonesia jangan lupa minum obat-obatan yang harus rutin konsumsi. Untuk menambah stamina jamaah haji, makan kurma. Biasanya selama dalam perjalanan dari Madinah ke Makkah, di beberapa tempat jamaah haji Indonesia mendapat bungkusan kecil berupa makanan termasuk di dalamnya ada kurma..

"Makan makanan yang diberikan untuk di perjalanan dari Madinah ke Makkah. Jangan malah dijadikan suvenir atau disimpan untuk dimakan ketika di Makkah. Karena kalau jamaah tidak banyak makan bisa berakibat terhadap penurunan daya tahan tubuh. Dan  makanan akan basi bila tidak dikonsumsi secepatnya”.

Jamaah Haji dari Madinah setelah miqat di Bier Ali, mereka akan dibawa dulu ke penginapan masing-masing untuk meletakkan tas di kamar.


Setelah jamaah haji meletakkan tas di hotel masing-masing, mereka akan langsung ke Masjidil Haram. Sebaiknya para jamaah haji banyak-banyak minum air zam-zam  dan membawa  kurma. Kurma sangat banyak manfaatnya dan tidak masalah untuk penderita Diabebtes mellitus . Sebaiknya konsumsi kurma minimal 100 gram (sekitar 3- lima kurma) setara dengan 372 kal.

0 komentar:

Posting Komentar