Rabu, 17 Juli 2019

Shalat Maghrib di Masjid Nabawi dengan Imam Sheikh Hudhaify, 17 Juli 2019 (VIDEO)









MENGENAL SYAIKH AL-HUDZAIFI, IMAM DAN KHATHIB MASJID NABAWI

NAMA DAN NASAB BELIAU

Beliau adalah Ali bin Abdirrahman bin Ali bin Ahmad Al-Hudzaifi, nisbat kepada suku Al Hudzaifah yang berasal dari suku Al-Awamir dan Al-Awamir berasal dari Bani Khats’am. Perkampungan suku Al-Awamir terletak di sebelah selatan Makkah sejauh 360 Km. Al Hudzaifah sejak dahulu menjagi tetua suku Al-Awamir hingga sekarang.

KELAHIRAN BELIAU

Beliau lahir pada tahun 1366 H di kampung Al-Qarn Al-Mustaqim di daerah Al-Awamir. Beliau lahir di keluarga yang shalih. Ayah beliau sendiri merupakan imam sekaligus khathib di militer Saudi.

PENDIDIKAN BELIAU

Beliau belajar pertama kali di kuttab (tempat anak belajar membaca dan menulis-pent.) daerah beliau. Beliau membaca Al-Qur'an dan mengkhatamkannya di hadapan Syaikh Muhammad bin Ibrahim Al-Hudzaifi Al-Amiri, sekaligus menghapal beberap juz. Selain itu beliau juga menghapal dan mempelajari beberapa matan ilmu syar’i dalam berbagai disiplinnya.

Pada tahun 1381 H, beliau memasuki sekolah swasta As-Salafiyyah yang sejajar dengan jenjang SLTP. Setelah itu beliau memasuki Ma’had pada tahun 1383 H dan selesai pada tahun 1388 H hingga jenjang SLTA.

Setelah tamat beliau ditunjuk sebagai guru Ma’had pada tahun 1392 H. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi dan mengambil fakultas syari’ah di Riyadh pada tahun 1388 H. Setelah tamat beliau mengajar tafsir, tauhid, nahwu, sharaf, khath disamping beliau menjadi imam merangkap khathib di Masjid Jami’ Baljarasyi.

Beliau meraih gelar master di Universitas Al-Azhar pada tahun 1395 dan meraih gelar doktor di di universitas yang sama pada qism fiqh untuk siyasah syar’iyah.

Beliau mengabdi di Universitas Islam Madinah semenjak tahun 1397 H. Beliau mengajar tauhid dan fiqh di fakultas syari’ah. Selain itu beliau juga mengajar di fakultas hadits dan fakultas dakwah. Beliau juga mengajar madzhab-madzhab di jenjang pascasarjana. Dan beliau mengajar qira’at di fakultas Al-Qur'an.

Selain mengajar beliau pernah ditunjuk sebagai imam dan khathib di Masjid Quba (sekarang putra beliau menjadi salah satu imam di sana, masya Allah) selama beberapa lama. Kemudian di tunjuk menjadi imam Masjid Nabawi pada 6-6-1399 H. Kemudian pada awal Ramadhan tahun 1401 H beliau dipindahkan ke Masjidil Haram. kemudian dikembalikan lagi ke Masjid Nabawi setahun kemudian hingga sekarang.

IJAZAH QIRA’AH

Beliau tidak diragukan lagi adalah salah seorang qari’ Kerajaan Saudi Arabia dan bahkan salah seorang qari’ dunia. Beliau mendapatkan ijazah Qira’ah dari:

1. Syaikh Ahmad Abdul Aziz Az-Zayyat, memberikannya ijazah Qira’ah Asyrah.

2. Syaikh Amir As-Sayyid Utsman, ijazah Riwayat Hafsh. Beliau membacakannya tujuh surat panjang namun tidak sempat merampungkan Surat Al-Baqarah karena Syaikh wafat.

3. Syaikh Abdul Fattah Al-Qadhi, beliau khatam dengan riwayat Hafsh.


Selain itu beliau mendapatkan ijazah hadits dari Syaikh Hammad Al-Anshari (bertiga bersama Syaikh Ali Hasan Al-Halabi dan satu lagi saya lupa, sebagaimana diceritakan oleh Syaikh Ali sendiri).

0 komentar:

Posting Komentar